Manfaat Ikan Gabus Untuk Pasien Pasca Operasi

Ikan Gabus memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk pasien paska operasi. Protein pada gabus mencapai 25,2 persen dan albumin yang tinggi berjumlah 6224 gram per 100 gram ikan gabus. Oleh sebab itu pasien yang habis menjalankan proses pembedahan pada tubuhnya dianjurkan untuk mengonsumsi ikan gabus dalam jangka yang cukup panjang hingga pulih.

Pembedahan pada operasi mengakibatkan bagian tubuh harus mengalami luka dan proses pengeringan yang cukup lama. apalagi pada pasien operasi sesar. Tujuh lapisan permukaan kulit dibedah untuk menyelamatkan bayi dan ibu. Pada proses penyembuhannya tidak hanya obat dan vitamn yang harus dikonsumsi secara rutin, tapi juga ikan gabus yang sangat penting untuk pemulihan yang cepat.

Ikan gabus yang merupakan predator air tawar ini memiliki kepala yang berbentuk seperti kepala ular, hingga dia bernama lain snake had. Ikan ini hidup di air tawar dan tidak bisa hidup bersama jenis ikan tawar lainnya. Banyak dijumpai di sawah-sawah dan sekarang sudah mulai dibudidayakan karena kandungan vitamin yang sangat bermanfaat oleh tubuh. Berikut ini 5 manfaat ikan gabus untuk pasien paska operasi IDN Poker

Luka Cepat Kering

Bedah yang dilakukan pada operasi tentunya tidak hanya menyisakan luka pada permukaan kulit saja, melainkan pada jaringan di dalam tubuh pun ikut mengalami luka. Ikan gabus yang memiliki kandungan albumin dan mineral Zn yang dimiliki ikan gabus ini dapat meningkatkan proses penyembuhan pada jaringan bekas bedah operasi tersebut. Sehingga akan sangat baik mengonsumsi ikan ini sesering mungkin.

Pertumbuhan Jaringan Otot

Kandungan protein yang dimiliki ikan gabus sangat tinggi dibandingkan protein daging sapi dan telur ayam dipercaya ampuh dalam membantu pertumbuhan jaringan otot. Pasien paska operasi sangat memberlukan protein yang tinggi untuk proses pertumbuhan jaringan yang baru, sehingga penyembuhan akan lebih cepat.

Tidak Menimbulkan Alergi

Pasien operasi memiliki keragaman reaksi termasuk pada obat dan makanan yang akan dikonsumsi. Pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap ikan, tentunya akan dilarang untuk memakan ikan yang kaya protein seperti tongkol. Namun tetap dianjurkan untuk memakan ikan gabus. Ikan ini juga kaya akan protein, tapi tidak akan menimbulkan alergi pada pasien. Sehingga aman dan memberikan manfaat protein yang dibutuhkan tubuh paska operasi.

Lancarkan Pencernaan

Manfaat ikan gabus untuk pasien paska operasi ialah dapat memperlancar pencernaan. Pasien operasi yang belum buang angin atau bahkan buang air besar, tidak diperbolehkan makan atau minum dalam jumlah yang banyak. Namun dengan bantuan ikan gabus ini, pasien akan memiliki pencernaan yang baik, sehingga tidak akan bersusah paying untuk mengejan ketika buang air besar. Sebab ikan gabus memiliki kandungan protein kolagen.

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Pasien paska operasi yang telah buang angin dan buang air besar sanga dianjurkan untuk meningkatkan cairan di dalam tubuhnya, agar proses penyembuhan lebih cepat. Sebab di saat pemulihan ini kondisi cairan tubuh manusia cenderung menurun dan ikan gabus salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan cairan tubuh, selain minum air mineral. Mengonsumsi ikan gabus paska operasi memang sangat diperlukan untuk kestabilan cairan tubuh.

Pasien paska operasi memang akan sangat baik untuk memakan ikan gabus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Rasakan 5 manfaat ikan gabus tersebut dengan tetap memakan obat dan vitamin yang diberikan oleh dokter secara teratur. Jika bosan dengan ikan gabus untuk proses penyembuhan, bisa mencoba konsumsi ikan gabus dalam bentuk minyak yang sudah dikemas di dalam kapsul.